Uncategorized

Vitamin, Sumber dan Manfaatnya

Vitamin memiliki berbagai fungsi yang membantu mengatur metabolisme, mencegah penyakit kronis, memelihara nafsu makan, kesehatan mental dan kekebalan tubuh. Namun dari mana sumber vitamin alami?

Nutrisi dasar makanan adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Tubuh kita membutuhkan vitamin yang tepat dari makanan untuk mempertahankan fungsi normal sel dan organ dan membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh.  Setiap kekurangan atau kelebihan jumlah vitamin dalam tubuh dapat memberikan efek samping.
Vitamin memiliki berbagai fungsi yang membantu mengatur metabolisme, mencegah penyakit kronis (seperti penyakit jantung dan kanker) dan untuk memelihara nafsu makan, kesehatan mental dan kekebalan tubuh.

Vitamin dapat dikategorikan dalam 2 kategori yaitu :

  1. Vitamin yang larut lemak
    – Vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, K.
    – Kelebihan vitamin yang larut dalam lemak akan disimpan didalam liver/hati dan tidak akan dihilangkan dari tubuh.
  2. Vitamin yang larut air
    – Vitamin yang larut dalam air adalah B dan C.
  3. Kelebihan vitamin yang larut dalam air dikeluarkan melalui urin dan keringat.

Namun perlu diingat bahwa mengolah makanan seperti memasaknya dapat mempengaruhi kandungan vitamin yang ada pada makanan. Vitamin A, C dan beberapa vitamin B dapat rusak jika terkena sinar matahari langsung, sehingga makanan yang mengandung tinggi vitamin-vitamin tersebut harus disimpan di tempat terlindung dari cahaya atau didalam kulkas. Vitamin C dan beberapa vitamin B dapat larut dalam air dan akan rusak jika terkena panas sehingga hindari mencuci makanan dan memasaknya secara berlebihan.

Apakah diperlukan mengkonsumsi suplemen vitamin?
Ada berbagai macam jenis suplemen vitamin yang tersedia di pasaran. Haruskah diperlukan suplemen vitamin untuk menjaga kesehatan?

Mengkonsumsi suplemen vitamin tidak diperlukan jika dapat mengatur pola makan sesuai dengan piramida makanan. Pola makan sesuai piramida makanan adalah mengandung karbohidrat (nasi putih), vitamin (sayur dan buah-buahan), protein (daging, telur, ikan, susu, yogurt, mentega, keju, tahu, tempe). Dengan mengkonsumsi makanan sehat maka tubuh sudah terpenuhi untuk kebutuhan vitamin dan gizi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *