Uncategorized

Vitamin E : Segala Kelebihannya untuk Tubuh

Makanan yang mengandung vitamin E adalah makanan yang sangat baik untuk tubuh. Mengapa? Berikut ini adalah ulasannya.

Mengapa orang mengonsumsi vitamin E?

Banyak orang mengonsumsi vitamin E sebagai suplemen hal ini disebabkan karena banyak orang ingin mendapatkan manfaat antioksidan dari vitamin E tersebut. Ya, vitamin E merupakan salah satu senyawa yang dibutuhkan tubuh karena memang sangat penting. Manfaat dari vitamin E ini adalah untuk membantu menyehatkan kulit, mata dan juga untuk kesehatan secara umum.

Banyak orang tidak sadar bahwa konsumsi vitamin E ini ternyata juga dapat membantu meningkatkan imun, pasalnya vitamin E merupakan salah satu vitamin yang memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri dan virus dalam tubuh.

Perlukah konsumsi vitamin E dalam bentuk suplemen?

Meski vitamin E adalah vitamin yang sangat terpenting untuk kesehatan, akan tetapi konsumen dari vitamin E dalam bentuk suplemen sesungguhnya tidak diperlukan. Hal ini disebabkan karena berdasarkan penelitian, sangat sedikit sekali ditemukan orang yang memiliki masalah defisiensi vitamin E. Hal ini disebabkan karena konsumsi vitamin E untuk orang dalam kondisi yang sehat sesungguhnya sangat kecil yaitu hanya 15 mg setiap hari untuk orang dewasa. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin mendapatkan manfaat dari vitamin E ini, kamu hanya perlu menerapkan pola hidup sehat dan makan makanan yang seimbang gizinya, maka kebutuhan vitamin E kamu bisa terpenuhi.

Konsumsi vitamin E dari makanan sehat

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin E kamu hanya akan memerlukan makanan sehat. Beberapa jenis makanan yang bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan vitamin E kamu antara lain adalah brokoli, kacang-kacangan, minyak tanaman dan masih banyak lagi yang lainnya. Kamu bisa cek artikel kami untuk bisa dapatkan informasi mengenai sumber-sumber makanan yang terbaik untuk sumber vitamin E kamu.

Vitamin E maksimal yang diperbolehkan oleh tubuh

Jika dilihat lebih sekilas vitamin E bisa dibilang cukup mirip dengan vitamin C. Hal ini disebabkan karena vitamin E memiliki manfaat untuk menjaga imunitas, sumber antioksidan dan dapat mencegah infeksi, akan tetapi jika dilihat lebih dalam sifat dari kedua vitamin ini memang cukup berbeda.

Seperti yang kita tahu, vitamin C merupakan salah satu jenis senyawa yang larut dalam air. Hal ini menyebabkan konsumsi vitamin C berlebihan tidak akan ditandu dalam tubuh melainkan akan di keluarkan pada saat buang air kecil. Akan tetapi berbeda dengan vitamin E. Vitamin E adalah sebuah vitamin yang larut lemak sehingga konsumsi berlebihan akan di tampung di dalam tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh akan memperbolehkan jumlah vitamin E hingga batas tertentu hingga kondisinya berlebihan.

Untuk batas maksimal dari konsumsi vitamin E ini antar antara lain adalah :

  • Batas maksimal vitamin E untuk anak usia 1-3 tahun adalah 200 mg tiap hari
  • Batas maksimal vitamin E untuk anak usia 4-8 tahun adalah 300 mg tiap hari
  • Batas maksimal vitamin E untuk anak usia 9-13 tahun adalah 600 mg tiap hari
  • Batas maksimal vitamin E untuk anak remaja 14-18 tahun adalah 800 mg tiap hari
  • Batas maksimal vitamin E untuk orang dewasa di atas 19 tahun adalah 1000 mg tiap hari

Demikian ulasan yang bisa kami berikan seputar vitamin E dan manfaatnya dalam tubuh. Semoga ulasan mengenai kandungan dalam makanan sehat ini dapat memberikan informasi tambahan bagi kamu.